1.   Maulid Nabi Di Masa Pendiri NU. KH Hasyim Asyari (1946 M/1365 H) menulis di salah satu kitabnya:

يُؤْخَذُ مِنْ كَلَامِ الْعُلَمَاءِ الْآتِيْ ذِكْرُهُ أَنَّ الْمَوْلِدَ الَّذِيْ

يَسْتَحِبُّهُ الْأَئِمَّةُ هُوَ اِجْتِمَاعُ النَّاسِ وَقِرَاءَةُ مَا تَيَسَّرَ مِنَ الْقُرْآنِ وَرِوَايَةِ الْأَخْبَارِ الْوَارِدَةِ فِيْ مَبْدَإِ أَمْرِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَمَا وَقَعَ فِيْ حَمْلِهِ وَمَوْلِدِهِ مِنَ الْإِرْهَاصَاتِ وَمَا بَعْدَهُ مِنْ سِيَرِهِ الْمُبَارَكَاتِ ثُمَّ يُوْضَعُ لَهُمْ طَعَامٌ يَأْكُلُوْنَهُ وَيَنْصَرِفُوْنَ وَإِنْ زَادُوْا عَلَى ذَلِكَ ضَرْبَ الدُّفُوْفِ مَعَ مُرَاعَاةِ الْأَدَبِ فَلَا بَأْسَ بِذَلِكَ 

Dikutip dari pendapat para ulama (yang akan disebutkan nanti), bahwa maulid yang dianjurkan oleh para imam adalah kegiatan berkumpulnya masyarakat, membaca ayat Al-Qur'an, membaca riwayat tentang sejarah kehidupan Nabi Muhammad, peristiwa luar biasa sejak dalam kandungan dan kelahiran Nabi, dan sejarah yang penuh berkah setelah dilahirkan. Kemudian menyajikan beberapa hidangan untuk masyarakat lalu menyantapnya dan selanjutnya mereka bubar. Apabila mereka menambahkan beberapa kegiatan dengan memukul rebana disertai tetap menjaga adab, maka hal itu tidak apa-apa. (KH Hasyim Asy'ari, at-Tanbihat Al-Wajibat, hal. 5)

2.   Maulid Nabi di masa guru-guru Ulama Nusantara.

      a. Syeikh Nawawi al-Bantani (1315 H), Makkah

واعلم ان الاعتناء بمولده صلى الله عليه وسلم من أعظم القربات وذلك يحصل باطعام الطعام وقرأة القرأن والقصائد النبوية

Ketahuilah bahwa mengadakan Maulid Nabi termasuk mendekatkan diri kepada Allah, bisa dengan sedekah, membaca Quran dan untaian kisah Nabi. (Syeikh Muhammad Nawawi al-Bantani, Madarij As-Shu’ud, hal.15)

       b. Syeikh Dimyathi Syatha (1310 H), Makkah

وقد بسط الكلام على ذلك شيخ الاسلام ببلد الله الحرام مولانا وأستاذنا العارف بربه المنان سيدنا أحمد بن زيني دحلان في سيرته النبوية، ولا بأس بإيراده هنا، فأقول: قال رضي الله عنه ومتعنا والمسلمين بحياته. (فائدة) جرت العادة أن الناس إذا سمعوا ذكر وضعه صلى الله

عليه وسلم يقومون تعظيما له صلى الله عليه وسلم وهذا القيام مستحسن لما فيه من تعظيم النبي صلى الله عليه وسلم ، وقد فعل ذلك كثير من علماء الامة الذين يقتدى بهم.

Guru kami Syeikh Ahmad Zaini Dahlan (1303 H) menjelaskan secara luas tentang hukum Maulid. Kami sampaikan di sini. Sudah berlaku kebiasaan berdiri saat mendengar kisah kelahiran Nabi disebut. Hal ini dinilai sebagai kebaikan dan dilakukan oleh banyak ulama yang jadi panutan umat. (Syeikh al-Bakri ad-Dimyathi, I'anah at-Thalibin, Juz 3 hal.414)

     c.Syeikh Abdul Hamid Asy-Syarwani (1301 H), Makkah

وَقَدْ أَطَالَ فِي إيضَاحِ الِاحْتِجَاجِ لِكَوْنِ الْمَوْلِدِ مَحْمُودًا مُثَابًا عَلَيْهِ بِشَرْطِهِ مَعَ إيضَاحِ الرَّدِّ عَلَى مَنْ خَالَفَ فِي ذَلِكَ بِمَا يَنْبَغِي اسْتِفَادَتُهُ وَجَعَلَ ذَلِكَ كُلَّهُ مُؤَلَّفًا سَمَّاهُ حُسْنُ الْمَقْصِدِ فِي عَمَلِ الْمَوْلِدِ فَجَزَاهُ اللَّهُ تَعَالَى مَا هُوَ أَهْلُهُ

As-Suyuthi menjelaskan dengan Panjang lebar tentang hujjah (argumentasi) bahwa Maulid sebagai perbuatan baik dan berpahala dengan syaratnya. Serta menulis bantahan bagi ulama yang menolaknya, dengan mengajukan argumentasi tentang kemanfaatannya, dalam kitab beliau 'Husnul Maqsid fi amalil Maulid'. Semoga Allah memberi balasan yang sesuai baginya. (Syeikh Abdul Hamid Asy-Syarwani, Hawasyi as-Syarwani, 31/378)

3.   Masa Ibnu Dzahirah Al-Makhzumi (985 H), ulama sejarawan Makkah:

وجرت العادة بمكة في ليلة الثاني عشر من ربيع الأول في كل عام أن قاضي مكة الشافعي يتهيأ لزيارة هذا المحل الشريف بعد صلاة المغرب في جمع عظيم منهم القضاة الثلاثة وأكثر الأعيان من الفقهاء والفضلاء 

Tradisi di Makkah pada 12 Rabiul Awal tiap tahun, Qadhi Makkah yang bermadzhab Syafi'i siap-siap ziarah ke tempat lahir Nabi setelah Shalat magrib, bersama para ulama, hakim, ahli fikih, dan beberapa tokoh setempat. (Syeikh Muhammad bin Abdullah bin Dzahirah, al-Jami’ Al-Lathif, hal. 201)

4.   Masa Ibnu Bathuthah (779 H), ulama sejarawan dari Maroko:

وباب الكعبة المعظمة ... ويفتح الباب الكريم في كل يوم جمعة بعد الصلاة، ويفتح في يوم مولد النبي صلى الله عليه وسلم

Pintu Ka’bah yang agung. Pintu ini dibuka setiap selesai shalat Jumat. Pintu ini dibuka juga pada hari kelahiran Nabi SAW. (Ibnu Bathuthah, Rihlah Ibni Bathuthah, Juz 1 hal.60) 

5.   Masa Ibni Jubair (579 H), ulama sejarawan Andalusia:

ومن مشاهدها الكريمة أيضاً مولد النبي، صلى الله عليه وسلم الله عليه وسلم...  يفتح هذا الموضع المبارك فيدخله الناس كافة متبركين به في شهر ربيع الأول ويوم الاثنين منه، لأنه كان شهر مولد النبي، صلى الله عليه وسلم الله عليه وسلم، وفي اليوم المذكور ولد،صلى الله عليه وسلم الله عليه وسلم، وتفتح المواضع المقدسة المذكورة كلها.

Di antara tempat bersejarah adalah tempat kelahiran Nabi SAW. Tempat ini dibuka pada bulan Rabiul Awal, khususnya hari Senin. Orang-orang sekalian masuk dan mengalap berkah. Karena itu bulan kelahiran Nabi SAW. Pada hari itu, Nabi dilahirkan. Tempat² suci di Makkah dibuka untuk umum.
(Ibnu Jubair, Rihlah Ibni Jubair, Juz 1 hal.34)


0 Komentar